Label

Membuat Classic Motion Tween di Adobe Flash

Advertisemen
Classic Motion Tween adalah pergerakan animasi objek dari keadaan awal sampai akhir. Classic Motion tween umumnya digunakan untuk memberikan perubahan posisi, ukuran,dan visibilitas, kecerahan, kedalaman warna benda. Langsung saja kita buat Classic Motion Tween di Adobe Flash CS6.
  1. Pertama buka lembar kerja baru. Klik File -> New (Ctrl + N). Maka akan muncul lembar kerja baru. Kita bebas memilih ActonScript 2.0 ataupun AcionScript 3.0 dan yang harus kita perhatikan adalah ukuran frame. Disini kita memilih ukuran default yaitu 550 x 400 pixel. Kemudian akan muncul lembar kosong baru, kita akan membuat animasi Classic Motion Tween dengan objeknya adalah “Balon Udara”.

  2. Kita menggambar balon udara dengan menggunakan Pen Tool dan Pencil Tool. Apabila gambarnya jelek kita bisa memperbaiki bentuknya dengan Subselection Tool dan Selection Tool. Subselection tool digunakan untuk mempercantik gambar yang kita buat melalui titik (point per point) kemudian kita bisa edit dengan kelengkungannya, sedangkan Selection Tool digunakan untuk mengatur kelengkungan gambarnya dengan menarik sisi objeknya dengan mudah. Maka hasil gambarnya seperti di bawah ini:

  3. Kemudian kita warnai gambarnya dengan menggunakan Paint Bucket Tool. Anda bebas memilih warna yang akan anda gunakan untuk mewarnai objeknya sesuai selera. Hasilnya seperti gambar di bawah ini:

  4. Kemudian kita akan memulai membuat animasi Classic Motion Tween. Untuk membuat objeknya, maka pertama-tama kita klik frame 1 pada Layer 1 kemudian klik kanan -> Create Classic Tween.

  5. Setelah kita pilih Create Classic Tween maka gambar yang kita buat tadi akan dikelilingi garis/kotak berwarna biru. Berarti objek sudah tidak bisa diseleksi per bagian lagi. Seperti gambar di bawah ini:

  6. Selanjutnya kita melihat keyframe 1 pada Layer 1. Maka warnanya sudah menjadi biru (bukan lagi abu-abu) tidak seperti yang pertama kali sebelum kita beri efek Classic Motion Tween karena itu merupakan efek yang ditimbulkan ketika kita memilih Classic Motion Tween. Kemudian kita klik pada frame 50 lalu klik kanan -> pilih Insert Keyframe

  7. Kemudian akan muncul keyframe baru (pada frame 50) dan ada tanda panah yang mengindikasikan kemana arah letak benda tersebut akan berpindah. Untuk merubah letak benda tersebut maka pindahkan benda tersebut pada arah yang kita inginkan pada akhir frame (frane 50). Selain itu kita bisa merotasi gambar tersebut dengan memilih icon Free Tranform Tool.

  8. Semisal ingin dimiringkan/tidak (terserah anda, sekiranya menyerupai bentuk nyata). Kemudian gambar yang dihasilkan seperti yang di bawah ini:

  9. Pada keyframe 2 (frame 90) kita klik kanan -> Insert KeyFrame (seperti tadi) yang digunakan untuk menggeser/merubah letak kemana lagi arah perpindahan balon udara tersebut. Kemudian pada keyframe 3 (frame 90) kita ubah letak gambar balon udara berada diujung atas. Seperti gambar di bawah ini:

  10. Kemudian kita bisa juga mengganti Color Effect untuk mempercantik animasi gambar tersebut. Kita seleksi gambar tersebut pada frame 90. Kemudian kita bisa memilih Collor Effect -> Style Alpha pada jendela properties. Seperti gambar di bawah ini:

  11. Kemudian kita bebas memilih nilai yang akan kita gunakan. Nilainya dari 0-100 %. Semakin kita mengurangi nilai alpha tersebut maka objeknya akan semakin transparan. Kita memilih nilai alphanya adalah 20 %. Maka objeknya akan menjadi transparan seperti gambar di bawah ini:

  12. Setelah itu kita tambahkan lagi 1 keyframe pada frame 130. Klik frame 130 kemudian klik kanan -> Insert Keyframe.

  13. Kemudian kita ubah lagi posisi, rotasi, dan ukuran objeknya. Kita ukur kebali nilai alphanya menjadi 0 % agar memberikan kesan objek tersebut kelihatan menghilang.
  14. Setelah selesai, kita play lagi hasil animasi yang telah kita buat. Sekarang, gambar animasi yang kita buat seolah-olah sudah tampak nyata bahwa balon udara tersebut terbang kemudian semakin mengecil-mengecil dan hilang secara perlahan.

  15. Kemudian kita juga bisa menggunakan fasilitas Tweening (untuk mengatur percepatan/perlambatan gerakan gambar). Kita bisa mengisikan melalui nilai percepatan/perlambatannya pada Ease atau bisa dengan menggunakan kurva yaitu klik icon pensil disamping nilai ease. Kita akan mengatur kurvanya seperti gambar di bawah ini:

  16. Hasil dari kurva tersebut adalah pergerakan balon udara dari cepat kemudian menjadi lambat. Kita juga bisa mengatur pergerakan bola dari lambat menuju cepat dengan mengganti bentuk kurva pada tweening tersebut. Seperti di bawah ini:

  17.  Hasil dari kurva tersebut adalah pergerakan balon udara dari lambat menuju cepat ketika kita play. Selesai.


Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Blognya Pak Sigit - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger