Advertisemen
Shape tween adalah animasi berupa perubahan bentuk objek dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Berikut cara membuat animasi shape tween:
- Pertama-tama buka Program Adobe Flash Professional CS6. Kemudian pada Create New pilih ActionScript 2.0. Pertama kita ingin membuat bentuk Bintang. Kita bisa gunakan PolyStar Tool. Apabila kita menggunakan default PolyStar maka yang kita dapatkan adalah objek berbentuk segi 5. Seperti gambar di bawah ini:
- Apabila kita ingin mengganti bentuknya menjadi bintang maka pada jendela properties kita pilih Tool Setting -> Options. Kemudian akan muncul kotak dialog. Kemudian kita bisa memilih Style menjadi “star”, selain itu kita mengatur banyaknya sudut bintang yang akan kita pilih pada kotak dialog tersebut. Seperti gambar di bawah ini:
- Kemudian kita gambar sebuah bintang dan ubah menjadi kuning dan kita menghilangkan outlinenya.
- Kemudian kita ubah posisi objek bintang tersebut (sesuai selera).
- Selanjutnya kita mulai membuat teknik animasi Shape Tween. Teknik ini berbeda dengan animasi yang sebelumnya.
- Pertama-tama kita klik pada frame 15 kemudian klik kanan -> Insert Keyframe.
- Selanjutnya pada frame 25 kita klik kanan Insert Blank Keyframe
- Maksud dari hal tersebut adalah frame 1 hingga frame 15 adalah bentuk objek yang sama sedangkan frame 16 hingga 24 adalah untuk membuat proses animasi perubahan menuju objek kedua.
- Sedangkan maksud insert blank keyframe pada frame 25 adalah pada frame 25 berikut kita membuat objek baru untuk perubahannya. Misalnya objek lingkaran seperti gambar di bawah ini:
- Kita hilangkan outlinenya, lalu diganti warnanya menjadi merah agar lebih terlihat mencolok saat terjadi perubahan.
- Kemudian pada frame 25. Kemudian klik kanan -> Insert KeyFrame seperti tadi.
- Maksudnya adalah seperti tadi yaitu pada frame 25 hingga frame 40 adalah mempertahankan bentuk objek yang sama. Sehingga seperti gambar di bawah ini:
- Kemudian pada frame 50 kita klik kanan -> Insert Blank Keyframe. Sedangkan maksud insert blank keyframe pada frame 50 adalah seperti tadi yaitu pada frame 50 berikut kita membuat objek baru (ketiga) untuk perubahannya. Sedangkan frame 41 hingga 49 adalah untuk membuat proses animasi perubahan menuju objek ketiga.
- Kemudian kita membuat objek yang ketiga adalah segitiga. Kita bisa menggunakan PolyStar Tool seperti tadi, atau bisa juga kita buat dari PenTool seperti pada modul ini. Hasilnya seperti gambar di bawah ini:
- Kemudian kita beri warna hijau pada objek segitiga tersebut dan hapus outlinenya.
- Kemudian pada frame 60 klik kanan -> insert keyframe. Maksudnya adalah seperti tadi dari hal tersebut adalah frame 40 hingga frame 60 adalah mempertahankan bentuk objek yang sama.
- Langkah selanjutnya, pada frame 25 kita klik kanan Shape Tween. Tujuannya adalah membuat animasi Shape Tween.
- Maka perubahannya seperti gambar di bawah ini (frame 15 hingga frame 24 akan berubah menjadi warna hijau dengan tanda anak panah) itu adalah proses berubahan terjadi sepanjang frame tersebut (terjadi animasi shape tween).
- Lakukan lagi pada frame 40 klik kanan -> Create Shape Tween.
- Maka akan pada frame tersebut tejadi proses perubahan bentuk (animasi shape tween). Kita bisa mencoba memainkan animasi Shape Tween tersebut.
- Selain itu kita bisa gunakan teknik perubahan point per point. Kita aktifkan pada frame 15 kemudian pilih Modify Shape Add Shape Hint seperti gambar di bawah ini:
- Maka akan muncul point A yang berwarna merah. Seperti gambar di bawah ini:
- Kemudian kita pindahkan point A tersebut. Misal kita pindahkan ke tengah atas. Seperti gambar di bawah ini:
- Kemudian klik pada frame 25 (objek kedua). Maka akan muncul point A seperti objek yang pertama.
- Kemudian kita pindahkan point A pada obek kedua (lingkaran) sesuai yang kita inginkan.
- Sekarang kita play perubahan objek tersebut. Bisa dilihat perubahnnya seperti gambar di bawah ini. Bisa dilihat perubahan bentuk objek yang didasarkan pada point yang telah kita buat sehinggan titik A pada objek ke-1 akan bertemu dengan titik A dengan objek yang ke-2.
- Bisa kita coba apabila kita pindahkan lagi titik A pada objek yang kedua (dipindahkan letaknya berbeda dengan yang tadi).
- Maka setelah kita play kita bisa melihat perubahnnya berbeda dengan yang tadi:
- Kita bisa menggunakan Shape Hint ini sebanyak-banyaknya. Seperti tadi kita klik pada frame 15 kemudian pilih Modify -> Shape -> Add Shape Hint. Kemudian muncul point B.
- Seperti tadi juga, kita bisa pindahkan point B sesuai yang kita inginkan. Semisal seperti pada gambar di bawah ini:
- Kemudian pada frame 25 akan muncul point B seperti pada objek yang pertama.
- Seperti tadi juga kita bisa pindahkan Point B sesuai yang kita inginkan. Semisal dipindahkan letaknya seperti pada gambar di bawah ini:
- Apabila di play lagi kita bisa melihat perubahan bentuknya akan mengikuti pointnya yaitu point A akan bertemu dengan point A, dan point B akan bertemu dengan point B.
- Bisa dilihat perubahannya sepeti gambar di bawah ini:
- Apabila kita pindahkan posisi point B pada letak yang berbeda. Semisal kita pindahkan letaknya seperti gambar yang di bawah ini:
- Maka ketika kita play lagi maka kita bisa lihat perubahan bentuknya:
- Apabila kita play dan perubahannya terlalu cepat dari objek 1 menuju 2 ataupun objek 2 menuju objek 3. Maka, kita bisa perbesar jarak setiap framenya. Hasilnya akan seperti yang di bawah ini:
- Selesai sudah, kita sudah mendapatkan contoh animasi Shape Tween. Apabila anda ingin menambahkan point lagi, maka anda bisa ikuti langkah seperti tadi
Advertisemen