Advertisemen
Halaman ini adalah lanjutan dari Membuat animasi Frame by frame di Adobe Flash (Bagian 1)- Apabila kita mengaktifkan layer air kemudian menggambar air pada frame 3 maka gambar gelasnya akan kelihatan. Kemudian pada frame 3 kita bisa mulai menggambar airnya. Di sini kita akan menggambar air jeruk, sehingga kita bisa ubah warna brushnya menjadi warna orange.
- Kemudian kita mulai menggambar airnya dengan menggunakan Brush Tool seperti gambar di bawah ini:
- Selanjutnya pada frame 5 kita klik kanan -> insert Blank KeyFrame.
- Dengan menggunakan Insert Blank KeyFrame kita diberikan keyframe baru yang masih kosong. Kemudian bagaimana bisa melihat keyframe sebelumnya/gambar sebelumnya, kita bisa mengaktifkan icon Onion Skin seperti gambar di bawah ini:
- Bisa dilihat pada gambar di bawah ini, dengan menggunakan Onion Skin kita bisa melihat tetesan air pada frame sebelumnya (tetesan air yang berwarna transparan).
- Kemudian kita bisa memperkirakan gambar air pada frame 5 harusnya terletak di mana.
- Kemudian pada frame 7 kita kembali klik kanan -> Insert Blank KeyFrame seperti tadi. Kemudian pada frame 7 kita menggambar gambar air lagi, di mana kira-kira letak tetesan air tersebut ketika berada pada frame 7.
- Bisa dilihat pada gambar di atas, kita berikan jarak satu-satu (satu frame) setiap pergerakannya supaya tidak terlalu cepat. Semakin dekat jarak keyframenya semakin cepat pergerakannya. Apabila kita ingin membuat pergerakannya lebih lambat setidaknya kita memberi jarak 1 frame seperti gambar yang di atas.
- Kemudian pada frame 10 kita klik kanan lagi -> Insert Blank KeyFrame. Seperti tadi juga, kita membuat gambar tetesan air lagi (gambarnya semakin ke bawah dari gambar tetesan air yang sebelumnya). Seperti gambar di bawah ini:
- Lakukan langkah tersebut pada frame 11. Hasilnya seperti gambar di bawah ini:
- Lakukan lagi pada, frame 13, frame 15, frame 17, frame 19, frame 21, frame 23, dan frame 25. Hasilnya:
- Kemudian kita seleksi semua frame dengan memanjangkan seleksi Union Skinnya. Seperti gambar di bawah ini:
- Kemudian kita menambahkan gambar garis volume air pada frame 3, frame 5, frame 7, frame 9, frame 11. Gunanya adalah untuk memberikan efek volume air sebelum gelas tersebut ditetesi air yang telah kita buat. Kita mulai saja pada frame 3. Hasilnya seperti gambar di bawah ini:
- Lakukan lagi pada frame 5, frame 7, frame 9, dan frame 11. Hasilnya:
- Kemudian kita hilangkan Union Skinnya dan play hasil animasi yang telah kita buat dengan menekan tombol play pada bagian bawah atau anda bisa gunakan tombol Enter pada Keyboard
- Agar lebih bagus maka pada frame 1 kita juga bisa menambahkan gambar garis volume air seperti pada frame 3, frame 5, frame 7, frame 9, frame 11 agar terlihat efeknya sebelum kita tetesi air. Seperti gambar di bawah ini:
- Untuk mempercantik lagi, kita bisa memberi warna pada tetesan air ataupun garis volume air yang kita buat dengan warna “Orange” yang sama dengan Outline yang telah kita buat dengan Brush tadi pada setiap keyframenya. Kita bisa gunakan Brush Tool lagi untuk memberi pewarnaanya. Hasilnya seperti gambar di bawah ini:
- Setelah itu kita ubah/tukar posisi layer gelas dan air. Kita akan mengubah letak posisi layer gelas yang di bawah menjadi di atas. Hal ini dilakukan agar bentuk pewarnaan air yang kita lakukan akan terlihat lebih rapi atau bisa digunakan untuk menutupi/mengatasi pewarnaan yang keluar garis. Bisa dilihat perubahan seperti gambar di bawah ini akan terlihat lebih rapi .
- Selesai sudah, kita sudah mendapatkan contoh animasi Frame by frame.
Advertisemen